Kepala SMAN 1 Mesuji Didakwa Korupsi Dana Rehabilitas Ruang Kelas

MESUJI — Kepala SMAN 1 Mesuji, Zam Zari (39), menghadapi dakwaan korupsi penyelewengan dana rehabilitasi ruangan belajar dalam sidang dakwaan di Pengadilan Negeri (PN) Tanjungkarang Kelas 1A, Rabu, 5 Februari 2020. Perbuatan terdakwa merugikan keuangan negara Rp112,5 juta.

Jaksa Bangkit Budi Satya dalam dakwaannya mengatakan terdakwa melakukan perbuatan melawan hukum dengan memperkaya diri sendiri dan merugikan keuangan negara atau penyelewengan dana rehabilitasi ruangan belajar.

“Dari laporan hasil pemeriksaan (LHP) perbuatan terdakwa merugikan negara Rp112,5 juta dari rehabilitasi ruang belajar pada anggaran tahun 2017,” kata Jaksa.

Dia menjelaskan dana yang diterima untuk bantuan rehabilitasi 3 ruang belajar Rp150 juta dengan perincian pekerjaan fisik senilai Rp141,7 juta, jasa perencanan Rp4,5 juta, jasa pengawasan senilai Rp3 juta, dan perjalanan dinas senilai Rp800 ribu.

“Berdasarkan LPJ, dana rehab senilai Rp150 juta telah terealisasi 100 persen. Namun, faktanya dari keterangan penyedia bahan material, para tukang, dan didukung nota pembelian bahan material dana yang digunakan untuk rehabilitasi ruangan belajar tersebut tidak sampai menghabiskan Rp150 juta,” ujarnya.

Akibat perbuatanya itu, terdakwa didakwa melanggar sebagaimana diatur dan diancam pidana dalam Pasal 2 Ayat (1), Pasal 3 dan Pasal 8 jo Pasal 18 Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 tentang Perubahan Undang-Undang Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

Kemudian, sidang dilanjutkan dengan mendengarkan keterangan para saksi. Saksi yang dihadirkan dari sekolah, yaitu para guru di SMAN 1 Mesuji.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *